Makanan dan Minuman yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Photo by Brenda Godinez on Unsplash

Jakarta – Ginjal adalah organ kecil di perut bagian bawah yang memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa makanan dapat meningkatkan kesehatan ginjal, sementara yang lain dapat membuat mereka stres dan menyebabkan kerusakan. 

Dilansir dari Medicinenet, berikut adalah makanan dan minuman ryang baik untuk kesehatan ginjal:

1. Apel

Apel adalah sumber pektin, serat larut, yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa. Apel memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk ginjal.

2. Blueberry

Blueberry adalah sumber serat dan vitamin C yang rendah kalori. Studi mengatakan ia memiliki potensi untuk melindungi terhadap kanker dan penyakit jantung dan memberikan manfaat kesehatan otak.

2. Ikan

Ikan tertentu seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk mengontrol pembekuan darah dan membangun membran sel di otak. Ikan berpotensi memberikan manfaat dalam kondisi seperti kanker, penyakit autoimun, dan penyakit radang usus.

3. Bayam

Bayam kaya akan vitamin A, C, K dan folat. Beta-karoten yang ditemukan dalam bayam membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi penglihatan. Ini juga merupakan sumber magnesium yang baik untuk ginjal.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung rendah gula dan tinggi serat larut. Ini membantu untuk merasa kenyang. Ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi efeknya pada ginjal.

5. Air

Dikutip dari Medical News Today, air adalah minuman terpenting bagi tubuh. Sel-sel menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah. Ginjal kemudian menggunakan air untuk menyaring racun ini keluar dan untuk membuat urin yang mengangkutnya keluar dari tubuh. Seseorang dapat mendukung fungsi ini dengan minum setiap kali mereka merasa haus.

sumber: https://gaya.tempo.co/read/1633756/6-makanan-dan-minuman-yang-baik-untuk-kesehatan-ginjal